Published by simjepang.com on 02/05/2017

Kinkakuji – Pendopo Emas

Kinkakuji atau yang biasa disebut Pendopo Emas adalah sebuah Kuil Zen di utara Kyoto yang pada dua lantai paling atasnya semuanya tertutup dengan daun emas. Dikenal juga dengan nama Rokuonji sebelumnya, kuil ini merupakan tempat peristirahatan Ashikaga Yoshimitsu, dan sesuai dengan keinginannya tempat ini berubah menjadi Kuil Zen untuk sekte Rinzai setelah kematiannya pada tahun 1408. Kinkakuji merupakan inspirasi dibuatnya Ginkakuji (Pendopo Perak), yang dibuat oleh cucu Yoshimitsu yang bernama Ashikaga Yoshimasa, disisi lain kota beberapa dekade kemudian.

Kinkakuji adalah bangunan dengan struktur yang sangat bagus dengan kolam yang besar dan merupakan satu-satunya bangunan yang tersisa setelah mundurnya Yoshimitsu. Menurut catatan sejarah tempat ini pernah dibakar beberapa kali termasuk dua kali saat perang Onin, perang sipil yang menghancurkan sebagian besar kota Kyoto.

Kinkakuji dibangun untuk menunjukan kebudayaan Kitayama yang berkembang dari aristokrat kaya pada zaman Yoshimitsu dimana setiap lantainya menampilkan konsep arsitektur yang berbeda. Lantai pertama dibangun dengan gaya Shinden yang biasanya digunakan untuk bangunan kerajaan pada masa Heian dengan aksen kayu natural dan dinding berwarna putih. Lantai kedua dibangun menggunakan gaya Bukke yang biasanya digunakan dikediaman samurai, gaya ini memiliki eksterior yang semuanya ditutupi oleh daun emas. Di dalamnya terdapat Kannon Bodhisattva yang sedang duduk dikelilingi oleh patung Four Heavenly Kings namun however patung-patung ini tidak ditampilkan ke publik. Terakhir pada lantai tiga dan paling atas dibuat menggunakan gaya ruang Zen Cina yang disepuh dengan emas di dalam dan di luarnya serta terdapat burung Phoenix emas.

Kinkakuji dapat dicapai langsung dari Stasiun Kyoto menggunakan Bis Kota Kyoto bernomor 101 atau 205 dalam waktu 40 menit dengan biaya 230 yen. Opsi lainnya yang bisa lebih cepat adalah menggunakan rute Karasuma Subway ke stasiun Kitaoji (15 menit, 260 yen) dan menggunakan taksi (10 menit, 1000-1200 yen) atau bis (10 menit, 230 yen, dengan nomor bis 101, 102, 204 atau 205) dari sana ke Kinkakuji.

Kalau kamu ke Kinkakuji dan berfoto disana jangan lupa share langsung ke teman-teman kamu via sosial media dengan menggunakan Internet dari SimJepang ya.

Happy Travelling!

#emas#Internet#kinkakuji#kuil#pendopo#sim jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *